Kamis, 19 Mei 2016

Seri Buah Khas Dayak Maanyan

     Berbagai daerah mempunyai berbagai buah khas dan punya rasa yang khas, Dorong tempat sata tinggal pun punya buah yang unik dengan nama AMUSISIN.
     Buah ini juga dikenal dengan nama karamunting. buah ini sangat mungil dengan rasa yang sangat manis dan hanya terdapat pada tanah gambut,tapi tidak sembarang tanah bisa ditumbuhinya. buah ini juga bisa bersaing dengan buah-buah yang biasa sikonsumsi.

      Karamunting ini banyak ditemukan di kampung saya… kalau boleh bernostalgia sejenak, berburu buahnya sewaktu saya masih kecil merupakan sebuah kesenangan tersendiri, bagaimana tidak pohon-nya yang hanya setinggi orang dewasa, tidak perlu memanjat untuk mendapatkan buahnya, dengan hanya berjinjit sedikit maka buah karamunting pun sukses dipetik… lebih serunya kalau dilakukan rame-rame, bermodalkan kantong plastik (kresek) kecil, semuanya bersaing untuk mendapatkan buah paling banyak… walaupun ujung-ujungnya tidak termakan semuanya.

     Namanya buah Karamunting. Hhm… nama nya sedikit aneh tapi rasanya enak . Waktu kecil saya dan teman-teman sering sekali mencari buah karamunting  di semak-semak di kebun kakek, Entah mengapa kali ini saya ingat dan kangen dengan buah yang satu ini. Di kebun kakek banyak sekali tumbuhan Karamunting yang tumbuh dengan sendirinya dan ada juga yang di tanam, tumbuhan ini kata kakek.


      Dan saya juga mencari tau maanfaat dari buah karamunting ini.
Berikut manfaat buah Karamunting

1. Hemostasia
Buah Karamunting menunjukkan efek hemostatik dalam saluran pencernaan bagian atas dan melawan Metrorrhagia penyebab pendarahan pada wanita. Akar Karamunting juga bisa meningkatkan jumlah trombosit, meningkatkan tingkat fibrinogen, dan otot kontrak pembuluh darah halus.

2. Efek adaptif
Buah Karamunting meningkatkan tingkat hemoglobin dan jumlah sel darah merah. Hal ini juga meningkatkan antianoxic, rasa dingin dan kemampuan melawan kelelahan organisme.

3. Anti-bakteri
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah Karamunting dan ekstrak akar menghambat Staphylococcus aureus penyebab nanah. Karamunting juga menghambat E. coli dan Staphylococcus aureus penyebab nanah.

Hahaha.. inilah artikel saya dalam sesi buah khas dayak maanyan...ikuti trus artikel saya...


3 komentar: